Nilai
karakter yang dapat dikembangkan setiap
jenjang pendidikan dan mata pelajaran tentunya berbeda-beda untuk jenjang
pendidikan menengah yaitu kelas 10, 11 dan 12, mata pelajaran kewarganegaraan
,meliputi :
Semangat kebangsaan,cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, senang membaca,
peduli sosial, peduli lingkungan, religius, jujur, toleran, disiplin, kerja
keras/cerdas, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, respek,
bertanggungjawab, saling berbagi.
Contoh Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang berkarakter
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Karangrayung
Mata
Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : XII/2
Alokasi
Waktu :
2x45 menit
A. Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasiB. Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
C . Indikator : 4.1.1 Menjelaskan proses globalisasi.
4.1.2 Mendeskripsikan aspek-aspek globalisasi.
4.1.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
D. Karakter yang dikembangkan :
Respek, kerja keras, kreatif, menghargai prestasi,disiplin
E. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan proses globalisasi
Mendeskripsikan aspek-aspek globalisasi
Mendeskripsikan dampakn globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
F. Materi Pembelajaran :
Globalisasi
a. Proses dan aspek globalisasi
b. Dampak-dampak globalisasi
G. Metode Pembelajaran Metode : Ceramah bervariasi ,diskusi ,tanyajawab,presentasi
H. Kegiatan Pembelajarana. Pendahuluan
Apersepsi
1. Pra pembelajaran
Guru memeriksa ruang kelas untuk proses belajar mengajar seperti kebersihan, alat dan kelengkapan laninnya.
Guru dan siswa berdoa bersama-sama (nilai religius)
Guru mengabsen kehadiran siswa (nilai kedisiplinan)
2. Membuka Pelajaran
Mengaitkan materi pembelajaran dengan materi pembelajaran sebelumnya
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, termasuk cakupan materi yang akan dipelajari
b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Menegaskan materi yang akan dikaji siswa yaitu tentang proses globalisasi dan dampak globalisasi
Sebelum berlangsung diskusi siswa diberi pertanyaan-pertanyaan oleh guru tentang proses globalisasi
Secara mandiri siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, untuk kemudian diperlihatkan materi yang terangkum dalam media pembelajaran
Guru membagi siswa dalam kelompok diskusi
Siswa melakukan diskusi dalam masing-masing kelompok dengan tema yang sama yaitu dampak globalisasi
2. Elaborasi
Siswa mengkaji secara berkelompok dan mendalam tentang materi diskusi.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi dengan cara mempresentasikan didepan kelas .
Kelompok siswa yang tidak maju presentasi diberi kesempatan untuk menanggapi.
Guru hanya membimbing dan mengarahkan sebagai moderator diskusi.
Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi yang dirangkum dari seluruh kelompok
3. Konfirmasi
Guru memberikan konfirmasi dari kegiatan eksplorasi dan elaborasi
Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan
Menfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi
c. Penutup
Guru menutup kegiatan proses belajar mengajar dengan tugas refleksi materi yang telah diajarkan
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis Tagihan : test
2. Bentuk Tagihan : Essay
3. Instrumen Soal : terlampir
J. Sumber Belajar / Media
1. Sumber Belajar : Buku Kewarganegaraan untuk SMA (MGMP)
BambangSuteng, 2007,Pendidikan Kewarganegaran untuk SMA XII, Jakarta, Erlangga.
Lembar Kerja Siswa “Permata”
2. Media : Rangkuman materi proses globalisasi dalam P.Point/bagan
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.Mardani,MM Kusyanto,Spd
NIP.196203061087031007 NIP.1969091419951211002
1. Jenis Tagihan : test
2. Bentuk Tagihan : Essay
3. Instrumen Soal : terlampir
J. Sumber Belajar / Media
1. Sumber Belajar : Buku Kewarganegaraan untuk SMA (MGMP)
BambangSuteng, 2007,Pendidikan Kewarganegaran untuk SMA XII, Jakarta, Erlangga.
Lembar Kerja Siswa “Permata”
2. Media : Rangkuman materi proses globalisasi dalam P.Point/bagan
Karangrayung, 14 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.Mardani,MM Kusyanto,Spd
NIP.196203061087031007 NIP.1969091419951211002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar