Implementasi Nilai Karakter Bangsa dalam RPP



              Nilai karakter yang dapat dikembangkan  setiap jenjang pendidikan dan mata pelajaran tentunya berbeda-beda untuk jenjang pendidikan menengah yaitu kelas 10, 11 dan 12, mata pelajaran kewarganegaraan ,meliputi :
Semangat kebangsaan,cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, senang membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras/cerdas, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, respek, bertanggungjawab, saling berbagi.

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berkarakter

                            Nama Sekolah           : SMA Negeri 1 Karangrayung
                            Mata Pelajaran           : PKn
                            Kelas/Semester          : XII/2
                            Alokasi Waktu           : 2x45 menit

A. Standar Kompetensi  : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
B. Kompetensi Dasar     : 4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan                                                              berbangsa dan bernegara.
C . Indikator : 4.1.1 Menjelaskan proses globalisasi.
                      4.1.2 Mendeskripsikan aspek-aspek globalisasi.
                      4.1.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
D. Karakter yang dikembangkan :
                      Respek, kerja keras, kreatif, menghargai prestasi,disiplin
E. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan proses globalisasi
Mendeskripsikan aspek-aspek globalisasi
Mendeskripsikan dampakn globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
F. Materi Pembelajaran :
Globalisasi
a. Proses dan aspek globalisasi
b. Dampak-dampak globalisasi
G. Metode Pembelajaran Metode : Ceramah bervariasi ,diskusi ,tanyajawab,presentasi
H. Kegiatan Pembelajarana. Pendahuluan
Apersepsi
1. Pra pembelajaran
Guru memeriksa ruang kelas untuk proses belajar mengajar seperti kebersihan, alat dan kelengkapan laninnya.
Guru dan siswa berdoa bersama-sama (nilai religius)
Guru mengabsen kehadiran siswa (nilai kedisiplinan)
2. Membuka Pelajaran
Mengaitkan materi pembelajaran dengan materi pembelajaran sebelumnya
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, termasuk cakupan materi yang akan dipelajari
b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Menegaskan materi yang akan dikaji siswa yaitu tentang proses globalisasi dan dampak globalisasi
Sebelum berlangsung diskusi siswa diberi pertanyaan-pertanyaan oleh guru tentang proses globalisasi
Secara mandiri siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, untuk kemudian diperlihatkan materi yang terangkum dalam media pembelajaran
Guru membagi siswa dalam kelompok diskusi
Siswa melakukan diskusi dalam masing-masing kelompok dengan tema yang sama yaitu dampak globalisasi
2. Elaborasi
Siswa mengkaji secara berkelompok dan mendalam tentang materi diskusi.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi dengan cara mempresentasikan didepan kelas .
Kelompok siswa yang tidak maju presentasi diberi kesempatan untuk menanggapi.
Guru hanya membimbing dan mengarahkan sebagai moderator diskusi.
Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi yang dirangkum dari seluruh kelompok
3. Konfirmasi
Guru memberikan konfirmasi dari kegiatan eksplorasi dan elaborasi
Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan
Menfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan
Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi
c. Penutup
Guru menutup kegiatan proses belajar mengajar dengan tugas refleksi materi yang telah diajarkan
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis Tagihan : test
2. Bentuk Tagihan : Essay
3. Instrumen Soal : terlampir
J. Sumber Belajar / Media
1. Sumber Belajar : Buku Kewarganegaraan untuk SMA (MGMP)
                              BambangSuteng, 2007,Pendidikan Kewarganegaran untuk SMA XII, Jakarta,       Erlangga.
                              Lembar Kerja Siswa “Permata”
2. Media : Rangkuman materi proses globalisasi dalam P.Point/bagan

                       Karangrayung, 14 Juli 2010
 

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran


Drs.Mardani,MM                                                               Kusyanto,Spd
NIP.196203061087031007                                                                             NIP.1969091419951211002


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar